Home » » Menabung

Menabung


     Menabung itu sangat perlu untuk masa depan dan bekal di hari tua :)


     Ane memang orangnya agak boros dan tidak bisa mengatur keuangan, setiap barang atau makanan yang enak dipandang oleh mata pasti selalu ane beli. Dalam sehari bisa menghabiskan uang Rp. 30,000,00 jumlah nominal yang cukup besar bukan ?. kalau sehari nominalnya segitu bagaimana jika seminggu atau bahkan sebulan. Memang cukup boros mungkin sebagian orang akan mengatakan itu sangat boros. Setiap ane mendapatkan uang pasti selalu ingin beli ini itu.

     Memang sulit untuk move on dari pemborosan, bukan perkara gampang apa lagi jika sudah menjadi budaya di dalam hidup. Butuh proses jangka panjang untuk merubah budaya boros dalam hal keuangan yang telah tertanam di dalam diri kita. Tapi sebagian orang pernah mengatakan dan itu langsung ane mendengarnya "ngapain nabung dan ngapain uang ditimbun-timbun lagian tidak akan dibawa mati ini dan akhirnya akan dipakai juga untuk beli ini beli itu".

     Bagi ane itu adalah pernyataan yang salah !. Walaupun ane orangnya boros dalam hal keuangan tapi menurut ane menabung itu perlu, karena suatu saat kita akan membutuhkan uang jika ada keperluan yang mendesak, nah jika tidak ada uang dan tidak ada tabungan, mau kemanakah kita akan mencari uang ?. Mau minjam ke orang terus bagaimana cara kita membayar hutangnya ?. Itulah yang menjadi pikiran ane. Kalau berhutang misalnya maksimal Rp. 100,000,00 mungkin masih bisa kita bayar.

Menabung 
celengan | google
    

     Tapi kalau jumlah nominalnya besar dengan angka 0 yang ada 6 buah atau lebih bagaimana kita cara membayarnya ?. Yang ada kita malah meminjam lagi ke orang yang lain lagi untuk membayar hutang itu, dan kita pun malah kembali berhutang. Itu namanya mengatasi masalah dengan masalah. Yang ada kita hanya stres dan gelisah karena memiliki banyak hutang. Disisi lain kita hanyalah pengangguran dan tak memiliki pekerjaan.
Menabung

    Kalau ada pekerjaan pun apakah gaji yang kita terima bisa membayar hutang tersebut ?. Lalu bagaimana untuk mencukupi kebutuhan kita sehari-hari, inilah yang akan menjadi problematika. Alangkah baiknya kita menabung dan menyisihkan sedikit uang jajan kita atau gaji kita untuk keperluan mendadak yang secara tiba-tiba akan menghampiri kita nanti. Kan jika ada kita sudah mempersiapkan uangnya dari hasil tabungan yang kita kumpulkan baik dibank maupun dicelengan.

    Kehidupan boros ane sekarang ini mulai agak sedikit berkurang karena ane sekarang sudah mulai menabung, walaupun ane masih mahasiswa dan uang masih dikasih oleh orang tua akan tetapi ane selalu menyisihkan uang jajan ane ke tabungan. Ya misalkan sebulan dikasih Rp. 700,000,00 setidaknya ane akan menyisihkan seperempatnya untuk ditabungkan, ya mana tau ada keperluan seperti membeli buku atau barang-barang lain.

    Ane menabung cukup dicelengan saja tidak mau ke bank karena akan dipotong, nah rugikan. Alangkah baiknya di celengan saja dan simpan baik-baik ditempat yang aman. Ane sih sekarang menabung tidak untuk keperluan apa-apa hanya untuk membeli smartphone yang ingin ane ganti, karena yang kemarin ane jual untuk membetulkan laptop butut kesayangan ane yang sudah ane jelaskan dipostingan sebelumnya. Walaupun prosesnya butuh waktu yang lama alangkah baiknya ane harus bersabar.

   Yang penting kita harus mempunyai niat yang kuat serta diiringi dengan doa agar tabungan kita bisa terus rutin berjalan dan apa yang kita inginkan terpenuhi. Dan bersabarlah jangan selalu memikirkan tabungan itu, dan jangan dilihat-lihat karena setan selalu akan menggodakita dan pada akhirnya kita malah mengambil uang itu. Bukannya semakin penuh yang ada malah semakin berkurang dan kemudian hanya sebuah penyesalan yang ada.

   Ya ane rasa cukup segini saja tentang catatan kehidupan ane yang sedang menabung demi membeli sesuatu hasil dari jerih payah ane sendiri. Dan ane menabung tidak sendiri, kekasih ane pun ikut menabung bersama ane karena rencananya kami akan membeli smartphone tersebut bersama-sama agar kesan-kesannya lebih bisa diingat jika suatu saat telah menjadi sebuah sejarah di dalam kehidupan yang tidak mungkin akan terlupakan dan selalu dikenang.

    "Capailah sesuatu yang engkau inginkan dengan cara yang benar bukan dengan mengambil hak milik orang lain. Asal punya niat yang kuat dan selalu berdoa agar bisa tercapai"

Sekian dan terima kasih.
Share this on your favourite network

4 comments:

  1. mau beli apa mas sm cweknya ?? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau beli smartphone bareng mas :D
      makasih mas udh visit balik :)

      Delete
  2. iya ikhwan ayo semangat + fokus lg biar cpet kebeli syg .. :)

    ReplyDelete

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS