Home » » Dunia Maya

Dunia Maya

"Dunia Maya"

     Dunia maya adalah dunia yang tak nyata alias Asbtrak, dunia yang tak bisa dipegang tapi bisa kita rasa. Dunia maya dimana manusia melakukan kegiatan-kegiatannya, berekspresi, mengembangkan bakatnya, dan masih banyak lagi. Mulai dari anak-anak hingga lansia pun ada di dunia maya, dan beberapa lansia menurut sumber berita pengguna Facebook paling tua berumur 101 Tahun. Dikabarkan nenek tua tersebut menggunakan Facebook untuk mencari kekasih. 

     Pasti banyak yang tak percaya atau mungkin hanya sebuah berita palsu/hoax, kalau tidak percaya silahkan baca disini. Dunia maya ibaratkan dunia nyata, sebagian kegiatan di dunia nyata bisa kita lakukan di dunia maya, ya seperti jual beli, transaksi uang, kerja, dan hal yang lainnya. Apakah bisa kita samakan dunia nyata dengan dunia maya ? jawabannya bisa iya bisa tidak, dan ane sendiri tidak tahu.

    Fenomena dunia maya sudah menjadi bagian umum dari pada kehidupan manusia dan dunia maya pun merupakan perubahan sosial yang terjadi di dalam kehidupan manusia maupun kelompok. Di dunia nyata kerap kali terjadi konflik  antar kelompok, begitu pun dunia maya sering juga terjadi konflik antara kelompok dengan kelompok, maupun individu dengan individu, atau individu dengan kelompok.

    Jika konflik itu masuk dalam kategori kriminal ya sudah pasti akan ditangkap, yang jelas ditangkap di dunia nyata dan tidak mungkin di dunia maya, adakah polisi versi dunia maya ?, adakah penjara di dunia maya ?. Maka dari itu dalam penggunaan dunia maya harus sesuai dengan aturan yang berlaku, kalau tidak kita bisa saja tertangkap karena melakukan tindakan kriminal. Seperti contoh kasus beberapa bulan silam, seorang tukang sate yang menghina Presiden Jokowi.

    Kasus itu menjadi sebuah contoh bahwa di dunia maya bisa saja terjadi pelanggaran, dan dikabarkan tukang sate itu melanggar undang-undang IT. Maka dari itu kita harus hati-hati menggunakan dunia maya apa lagi media sosial seperti Facebook, Twitter, dan yang lainnya. Karena saya lihat seringkali terjadi pelanggaran apa lagi di Facebook dan Twitter yang notabene media sosial yang paling banyak penggunanya.

    Dunia maya pun mempunyai artis lohhhhh........! ya artis facebook, siapa yang tidak kenal Udin Gambut dengan pasukan Gambut Brotherhoodnya, atau seseorang yang terkenal dengan kata "COEG" nya. Kata-kata itu tidak asing lagi di dunia maya. Itulah kata-kata yang diciptakan Udin Gambut. Di Facebook, Twitter saya seringkali mendengar kata-kata itu. Kalau teman-teman membuka situs humor 1cak.com pasti selalu ada foto Udin Gambut yang di edit :D.

    Memang dunia maya penuh dengan warna-warni kehidupan, semua ada di dunia maya masalah ekonomi, cinta, hiburan, hobi, dan yang lainnya ada di dunia maya. bagi setiap orang tanpa dunia maya rasanya hampa hidup ini. Saya pun merasakannya, sehari tanpa dunia maya, apalagi facebook rasanya hampa sekali. Apalagi kalau tidak ada kegiatan.

     Tapi kalau keseringan pun akan terasa bosan juga. Pada intinya banyak yang dapat kita lakukan di dunia maya, jadi kepada kita semua gunakanlah dunia maya sebaik-baiknya dan ambil hal positifnya saja. Tinggalkan hal yang tak perlu yang membuat kita menjadi merugi.

Salam Blogger :)


Share this on your favourite network

5 comments:

  1. saya sangat setuju tuh bnyk hal yg bis dilakukan didunia maya bekerja menghsilkn uang pun bisa dri dunia maya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya ngeblog gan, dengan ngeblog kita juga bs belajar menjadi seorang penulis :)

      Delete
  2. salam gambut brotherhood!! COEG!!!
    martstein.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Betul bangat gan selain hal positif ada juga dampak negatifnya, yang pasti kita harus ambil hal positifnya jangan sampai dunia maya disalah gunakan,

    anuralhadyd4.blogspot.com

    ReplyDelete

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS